10 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MEMBUKA USAHA SENDIRI

PERAN ENTREPRENEUR DALAM PEMBANGUNAN BANGSA
February 27, 2013
Mengubah Mindset Karyawan Menjadi Pengusaha
February 27, 2013

10 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MEMBUKA USAHA SENDIRI

Beberapa orang masih ragu untuk mulai memulai usaha pribadi. Entah karena takut gagal, tidak percaya diri dan sebagainya. Untuk Anda yang mulai merasa jenuh dengan pekerjaan Anda dan mulai melirik untuk membuka usaha sendiri, berikut 10 alasan mengapa Anda harus memulai usaha sendiri:

    1. Anda yang mengontrol “takdir” Anda sendiri. Dengan membangun bisnis Anda sendiri, berarti Anda bekerja untuk diri sendiri. Anda bisa menentukan sendiri “budaya kerja” di perusahaan Anda yang sesuai dengan Anda.

  1. Anda dapat menemukan keseimbangan antara kehidupan pribadi Anda dengan pekerjaan. Salah satu kelebihan memiliki usaha sendiri adalah fleksibiltas yang bisa Anda dapatkan. Seperti waktu dan tempat bekerja, bisa Anda tentukan sendiri.
  2. Anda yang memilih sendiri partner Anda. Ketika Anda bekerja di perusahaan milik orang lain, Anda tidak bisa menentukan partner Anda sendiri. Dan kadang, ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman bekerja karena partner yang tidak cocok dengan mereka. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika Anda memiliki usaha sendiri.
  3. Mengambil risiko dan “memanennya”. Memang, membuka usaha sendiri tentunya tidak lepas dari resiko dan masalah yang harus Anda hadapi. Namun jika Anda berhasil melewatinya, banyak pelajaran dan pengalaman baru yang bisa Anda ambil dari semua itu. Dengan melewati masalah bersama karyawan atau partner Anda juga akan semakin memperkokoh bisnis dan hubungan Anda.
  4. Anda bisa menantang diri Anda sendiri. Sebagian orang merasa muak ketika harus bekerja dengan rutinitas yang sama setiap hari. Memiliki bisnis sendiri, setiap hari Anda bisa menantang diri Anda sendiri, merasakan pengalaman yang baru, lebih kreatif, serta mencoba dan belajar hal yang baru.
  5. Bekerja sesuai dengan passion Anda. Banyak pengusaha yang berkata bahwa waktu yang panjang dan lama yang mereka habiskan untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka, tidak terasa berat sama sekali. Karena mereka melakukan hal yang mereka sukai.
  6. Anda dapat menyelesaikan banyak hal lebih cepat. Perusahaan besar biasanya akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyetujui suatu hal, karena adanya birokrasi. Sedangkan bisnis kecil menawarkan kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat dan lebih proaktif.
  7. Anda bisa langsung berhubungan dengan klien. Beberapa pengusaha merasa antusias ketika harus berhubungan langsung dengan konsumennya. Dengan berhubungan langsung ini, Anda bisa mengetahui keluh kesah dan mendapat saran langsung untuk kemajuan bisnis Anda.
  8. Anda dapat “menyumbang” ke komunitas/lingkungan Anda. Bayangkan yang bisa Anda lakukan dengan membangun usaha Anda dan mengambil tenaga kerja dari wilayah Anda sendiri.
  9. Kebanggaan yang Anda dapat dari membangun bisnis Anda sendiri. Salah satu perbedaan besar dari bekerja di bawah orang lain dengan memiliki bisnis pribadi adalah rasa bangga yang Anda punya dari membangung sesuatu dari nol dan milik Anda sendiri.

Bagaimana, Anda sudah siap memulai usaha sendiri?
sumber: www.intipsemut. wordpress. com

admin
admin
http://lukman.my.id