Quisque lorem tortor fringilla sed vesti bulum justo vel
May 7, 2014
Vestibulum commodo volutpat laoreet
May 8, 2014

Bagaimana Cara Promosi Yang Baik?

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb

Aku usaha penyewaan Rigging stage (panggung) untuk event musik , baru 5 bulan berjalan tapi aku nerasa masih sepi sebulan hanya ada rata2 3x penyewaan ,bagaimana cara promosi yg baik untuk bisa masuk ke pasar yg lebih luas dan mendapat sewa target awal 5x dalam sebulan ? Terimakasih azrul fatah zahniar

Jawaban

Mas Azrul yang baik….

Mengutip quotes dari Mas Fauzi @idepromo, punya bisnis tapi gak promosi seperti wajah cantik tapi gak gaul, promosi tapi tidak efektif seperti gaul tapi tetep jomblo. Jadi kurang lebih seperti itulah analogi promosi dalam sebuah bisnis. Yang ingin kami tanyakan, bentuk promosi seperti apakah yang sudah Mas Azrul jalankan?….atau jangan-jangan memang belum melakukan promosi apa-apa?

Nah promosi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam bisnis, karena promosi merupakan alat untuk mengkampanyekan produk / usaha kita,karena dengan promosilah kita bisa mendongkrak omset usaha. Untuk UKM kita harus membuat promosi yang kreatif yang low budget tetapi high impact. Ide promosi kreatif yang dapat digunakan adalah idenya sederhana, mudah dikerjakan, dan hemat sumberdaya, tapi mampu menyelesaikan masalah dengan efektif. Yang pertama yang harus dilakukan adalah :

1. Memasang promotion tools di tempat yang terlihat oleh konsumen. Nah apakah Mas Azrul sudah membuat promotion tools yang terlihat oleh calon konsumen ? misal : banner, spanduk, baliho dan lain-lain. Atau jangan-jangan tetangga atau konsumen disekitar tempat usaha saja tidak ada yang tau?, apalagi orang lain…iya enggak?. Dari konsumen-konsumen Anda yang sudah ada, coba di identifikasi dari mana mereka mengetahui info tentang usaha Anda, melalu identifikasi itu akan terlihat promotion tools yang efektif

2. Untuk bisnis rigging biasanya orang akan meminta rekomendasi dari orang yang sudah pernah menggunakan (konsumen lama), sehingga factor word of mouth sangat berperan penting, sehingga Anda wajib menjaga kepuasan pelanggan Anda.

3. Buatlah database konsumen Anda, dan rawatlah konsumen tersebut. Ketika mendapat konsumen, mintalah data-data konsumen tersebut, meliputi nomor telepon, email..itu yang terpenting, lalu rajin-rajinlah menjalin silaturahim dengan konsumen, misal dengan mengirimkan info promosi usaha.

4. Buatlah konsep promosi untuk pelanggan lama, misal dengan memberikan fee marketing atau bingkisan sebagai ucapan terimakasih bagi pelanggan yang telah merekomendasikan rekannya menjadi konsumen baru Anda, tidak perlu besar, namun ini akan membuat pelanggan lama pemberi rekomendasi merasa diperhatikan dan dihargai oleh Anda.

5. Cara unik lainnya adalah yang di ajarkan oleh salah seorang mentor kami di Sekolah BIsnis Umar Usman, yaitu “ the power of kondangan”. Apa itu the power of kondangan”? Naah ketika Anda mendapatkan undangan pesta pernikahan (kondangan) jangan pernah melupakan kartu nama Anda ( Kartu nama usaha/bisnis Anda). Ketika mengobrol dengan tamu lain, jangan lupa untuk memperkenalkan diri serta usaha Anda kepada rekan bicara. Pastinya banyak tamu yang di undang dalam sebuah pesta pernikahan, maka dari itu “Kondangan” ini merupakan ajang promosi yang cukup efektif juga.

6. Masuklah ke dalam komunitas bisnis atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ini penting dilakukan untuk memperluas link- link bisnis Anda.

7. Buatlah website sebagai portofolio usaha Anda, kemudian lakukan optimasi menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Menurut kami saat ini setiap bisnis wajib memiliki virtual office berupa WEB, karena pengguna internet di Indonesia saat ini sudah berjumlah 74 juta orang orang atau sekiar 28 persen dari populasi masyarakat Indonesia (Survey Marketeers bersama Markplus , tahun 2013). Selain itu menjelang AFTA (Asean Free Trade Area) 2015, dimana akan terjadi persaingan bagi para pengusaha local dan ASEAN, sehingga kita wajib meningkatkan profesionalisme kita.

Selanjutnya Anda wajib menulis ide promosi dalam agenda promosi, bisa mingguan, bulanan dan tahunan. Jangan membuat promosi seperti kembang api yang awalnya boom tapi lama-lama hilang.