Kuliah Umum With Fauzi Rachmanto “Presiden TDA (Tangan Di Atas)”
March 19, 2014
“Violet Marketing” with Oma Ning Hermanto
March 20, 2014

Bisnis atau kuliah?

workstudy

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum..
Mau konsultasi nih, saya adalah seorang mahasiswa di salah satu universitas sumatera utara, yang saat ini sedang berada di semester 2 saat ini saya sedang menjalankan usaha kecil kecilan jualan baju via online.
Saya sebenernya pengen berhenti kuliah lalu fokus ke bisnis karena kuliah yg sedang saya jalankan cukup menyita waktu saya begitu banyak, mulai dari mengerjakan jurnal dan sebagainya yang untuk tamat dari kuliah itu minmal 4-5 tahun.
Bagaimana ya cara saya untuk bicara ke orang tua agar saya bisa behenti kuliah dan juga saya sebenrnya juga saya ingin berkuliah di kampus umar usman yang bertujuan untuk menciptakan pengusaha pengusaha handal di indonesia sebab itulah cita cita saya ..
Mohon sarannya ya min …
Terimakasih … !

Muhammad Arif Widodo

Jawaban:

Saat kecil, kita sering mendapatkan nasihat dari orang tua dan guru seperti ini  “kamu belajar yang pintar ya.supaya dapat  kerja yang enak dan gajinya besar” atau “kamu sekolah yang pintar ya, supaya nanti bisa kuliah di kampus negeri dan dapat kerjaan yang enak”. Betul ??. . Yah ini semua karena paradigma dari mayoritas rakyat Indonesia bahwa untuk sukses adalah harus kuliah dan setelah lulus kuliah baru mencari pekerjaan. Orangtua pun umumnya akan lebih bangga jika anak mereka lulus jadi sarjana dan dapat bekerja di perusahaa bonafide. Jarang orangtua yang bangga jika anaknya  berbisnis, apalagi jika bisnisnya kurang keren menurut mereka. Namun jika bisnis sudah berjalan dengan baik dan sudah menghasilkan, biasanya sudah mulai berkurang tuntutan tadi (untuk kuliah  dengan baik agar dapat pekerjaan dengan gaji besar),  karena kita  sudah mempunyai  bisnis yang dapat menghidupi. Jadi intinya terkadang orang tua hanya butuh  PEMBUKTIAN.

Sesuai pengamatan saya tentang kuliah, banyak juga orang yang memilih kuliah agar tidak malu. Kebanyakan orang  malu jika sehabis lulus SMA, lalu “menganggur”. Sebenarnya niat yang harus diperbaiki, kuliah tanpa niat juga juga salah. Kuliah adalah salah satu jalan membuka wawasan dan jaringan , menambah pengetahuan dan ilmu, mengembangkan bakat dan minat agar sampai pada titik terbaik. Sementara Usaha, atau bisnis adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan uang, kebanyakan orang berpendapat  pada dasarnya setelah lulus kuliah juga nanti pasti akan bekerja untuk cari uang. Pemikiran seperti itulah yang menyebabkan  banyak orang yang akhirnya meninggalkan kuliah demi menjalankan  bisnis.

Memiliki  bisnis, pada hakikatnya seperti memiliki bayi yang baru lahir, apalagi jika bisnis masih berada  pada tahap “Starting”. Saat ini bisnis benar-benar harus dikawal dengan baik. Nah, pilihan pertama yang dapat Anda lakukan adalah CUTI KULIAH. Setiap kampus pasti selalu menyediakan fasilitas cuti ini, Anda tinggal lihat semua aturan dan konsekuensinya, dan tentunya semua tetap harus Anda konsultasikan kepada orangtua, karena ridho Allah terletak pada ridho orangtua. Ketika menyampaikan hal ini kepada orangtua hendaklah Anda sampaikan dengan bahasa dan kata-kata yang santun, jangan menggurui, sambil teruslah berdoa pada Allah agar diberi kemudahan, kuncinya adalah DIALOG (kepada orangtua) dan DOA (kepada Allah)

Pilihan kedua  adalah menggabungkan kedua hal tersebut, ya kuliah sambil usaha. Anda bisa memilih kuliah yang menyediakan kelas pagi, malam atau week end. Selama Anda bisa masuk  kuliah dan mengerjakan tugas, kerjakanlah semaksimal mungkin. Gunakan segala fasilitas kampus yang ada, misalnya masa perbaikan, ( jika anda tidak mengerjakan  tugas satu dua kali, atau misalnya tidak lulus satu dua mata kuliah,  biasanya Kampus  selalu ada masa perbaikan), yang penting  Anda jangan sengaja tidak lulus atau tidak menyelesaikan tugas , jangan malas dan jangan menyepelekan keduanya. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk menjalani dua kedua hal ini. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk dapat menjalani keduanya secara bersamaan dan memberikan hasil yang baik. Bagaimana cara sukses kuliah sambil kerja atau kuliah sambil bisnis?

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

Pertama: Pilihlah untuk berkuliah di kampus yang menyediakan kelas di malam hari, karena kalau mengambil kelas reguler di pagi hari, sulit sekali untuk diselingi bisnis. Kalau  mengambil kelas malam, maka  bisa bisnis  masih dapat dilakukan  sambil  menimba ilmu di kampus.

Kedua: Milikilah Time Management yang baik dan berusaha untuk tetap fokus dalam menjalani masing-masing peran sehingga tugas belajar di kampus bisa diselesaikan tanpa harus membawa tugas pekerjaan(bisnis)  ke kampus.

Ketiga: Jangan pernah menunda pekerjaan, baik tugas kampus maupun tugas pada bisnis . Sesibuk apapun kita, sediakan waktu sekitar 1 atau 2 jam untuk mengerjakan tugas kuliah di rumah. Kalau sedang menjalankan bisnis, maka bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan menghindari mengerjakan tugas-tugas kampus saat sedang berbisnis. Karena hasilnya juga tidak akan maksimal.

Keempat: Pilihlah kampus yang  memiliki kurikulum serta sistem pembelajaran yang cukup fleksibel dan memahami kondisi mahasiswa yang bekerja atau berbisnis. Misalnya tersedianya teknologi pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa cukup fleksibel dalam mendapat materi dan mengikuti proses pembelajaran walaupun suatu ketika berhalangan hadir. Misalnya tersedia modul-modul pembelajaran e-learning, web based teaching dan lain-lain.

 

admin
admin
http://lukman.my.id