Cara Menentukan dan Memilih Nama Merk atau Brand

Sukses Berwirausaha : Bangkit dari Kegagalan
April 2, 2013
Dahsyatnya Kekuatan “Keyakinan” (The Power of “Belief”)
April 5, 2013

Cara Menentukan dan Memilih Nama Merk atau Brand

brand

Kita mengetahui bersama bagaimana sebuah Nama Merk atau Brand mampu menghipnotis jutaan orang. Mulai dari produk baju, makanan minuman, alat elektronik, kita mau beli buku di mana, hingga kita akan menyantap makanan dimana, sepertinya otak sudah secara otomatis memilihkannya buat kita. Bahkan terkadang kita sudah tidak peduli lagi dengan harga atau kualitasnya yang penting harus Merk “Anu”.

Karenanya tidak mengherankan jika beberapa pelaku usaha tak segan-segan mengucurkan dana jutaan rupiah hanya untuk memilih sebuah nama untuk produk atau perusahaannya. Dengan harapan kelak nama tersebut bisa membawa produk atau perusahaannya menuju kesuksesan. Lalu bagaimana dengan kita yang tak cukup dana untuk berkonsultasi dengan Brand Consultant?

Bagaimana Cara Menciptakan dan Menentukan Nama Dari Usaha Atau Produk Kita?

Berikut ini tips tekhnis sederhana yang bisa Anda praktekkan sendiri:

1. Ciptakan dan pilih 10 nama untuk merk Anda sendiri, ambillah dari kata yang mudah diingat, cukup satu kata atau maksimal 2 kata, unik dan enak diucapkan. Carilah referensinya dari manapun termasuk dari internet atau Anda juga bisa minta bantuan teman atau saudara untuk membantu.

2. Tulis ke-10 nama merk tadi masing-masing pada selembar kertas. Tulislah dengan bagus dan besar. Kalau perlu pakai komputer dan di print.

3. Perhatikan, Rasakan dan Ucapkan masing-masing calon merk Anda tadi berulang-ulang. Lakukan dalam beberapa hari. Lalu pilih 3 yang terbaik menurut Anda.

4. Sekarang, tunjukkan ke-3 calon terbaik merk tadi kepada teman, saudara atau kolega Anda. Suruh mereka memilih satu yang disukai. Bisa juga Anda memanfaatkan Jejaring sosial untuk membuat polling. Seperti FaceBook, Twitter, Kaskus, Yahoo Answer dll.

5. Berdasarkan hasil polling yang Anda dapat dan juga pertimbangan Anda sendiri. Tentukan dan Pilih satu Nama Merk Anda.

Jika nama Usaha atau Brand Merk sudah ditentukan, jangan lupa tentukan juga Logo dan Warna kebesaran Anda.