kurikulum
Pemprov Jabar Cetak Pengusaha Muda Lewat Kurikulum Berbasis Wirausaha
May 23, 2013
rezeki
Memaknai Rezeki
May 28, 2013

Dahlan Dorong Perwira TNI Jadi Entrepreneur

dahlan

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan jiwa wirausaha dan entrepreneurship bagi perwira menengahnya, TNI AD bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sepakat bekerja untuk mengadakan pelatihan selama delapan minggu.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan bahwa cara pelatihan tersebut dapat membuat para perwira menengah TNI AD menjadi lebih terbuka dan dapat memilih untuk jangka ke depannya.

“Acara ini, corporate maneger training, pengelolaan korporasi, selama delapan minggu. Nanti bagi beliau-beliau (perwira menengah) akan terbuka pilihan-pilihan, keterampilan baik untuk mandiri atau di perusahaan,” kata Dahlan saat di Pertamina Learning Center, Jakarta, Senin (27/5/2013).

Dahlan melanjutkan, pelatihan tersebut akan dibina oleh para direktur-direktur utama BUMN, tidak ingin ketinggalan Dahlan pun mengakui akan turut memberikan pelatihan dala program tersebut. Tidak hanya jajaran Direksi BUMN, Dahlan mengungkapkan bahwa Jenderal-Jenderal yang telah sukses di sebuah perusahaan pun akan memberikan pelatihan dalam program tersebut.

“Nanti yang akan mengajar Direktur-Direktur utama yang pintar-pintar, ada juga yang akan mengajar jenderal-jenderal yang sukses,” tegasnya.

Selain itu, Dahlan memberikan saran kepada para perwira agar dapat memilih usaha sendiri, agar lebih merasa bebas dan merdeka dalam menentukan tujuannya. Pasalnya, Mantan Dirut PLN tersebut mengungkapkan dalam pelatihan tersebut bukan atas dasar berhasil atau tidak, namun lebih kepada mau atau tidak.

Karena jika diibaratkan dengan emas, kesungguhan kita terkadang hanya 18 karat, atau 22 karat, bahkan tidak berkarat sama sekali, karena jarang yang 24 karat.

“Bagi bapak-bapak Perwira, lebih baik memilih usaha sendiri, lebih bebas, lebih merdeka, kalau berhasil ya berhasil sendiri, kalau gagal juga tidak menyalahkan orang lain, karena sebenarnya setiap orang termasuk para perwira, bukan bisa atau tidak bisa, namun apa mau atau tidak mau,” imbuhnya.

Sementara itu, Pakar Manajemen sekaligus Direktur Utama Rumah Perubahan Rhenald Khasali berterimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN terhadap program tersebut. Oleh karena itu, acara tersebut walaupun dipersiapkan dalam waktu yang singkat, namun harus tetap berjalan.

“Pak Dahlan adalah orang yang sangat mementingkan Implementasi, bukan teori. Sehingga acara ini betul-betul akan sangat bermanfaat,” tutupnya. (wan) (wdi)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/05/27/320/813108/dahlan-dorong-perwira-tni-jadi-entrepreneur