Home Galeri Kampus Emas dan Inflasi

Emas dan Inflasi

65
0
SHARE

Pada suatu kesempatan dalam sebuah event di Kampus Umar Usman, kita sempat mengundang praktisi bisnis yang fokus pada Investasi emas, yaitu Endy J Kurniawan. Sudah banyak buku-buku yang beliau tulis, diantaranya tentang THINK GOLD- Membeli masa depan dengan emas. Laah, ko bisa?

Buku rujukan untuk belajar Investasi Emas

Ternyata, harga kambing pada jaman nabi SAW sampai hari ini adalah sama, jika dinilai dengan harga emas, begitu juga halnya besaran ibadah haji pada tahun 2017 ini akan sama dengan biaya haji pada tahun 2020 misalnya, jika dinilai dengan harga emas.

Maka tidak salah, jika pada jaman Nabi SAW, satu-satunya alat tukar adalah emas atau disebut dinar emas (bukan seperti dinar saat ini yang berbentuk uang kertas). Karena ternyata emas sangat tahan terhadap inflasi atau kenaikan harga-harga barang/biaya.

Buku lainnya karya Endy J Kurniawan

Emas sering disebut dengan istilah “Barometer of fear”. Pada saat orang-orang cemas dengan situasi perekonomian, mereka cenderung untuk membeli emas untuk melindungi nilai kekayaan mereka. Dua macam situasi ekonomi yang sering membuat orang cemas adalah inflasi dan deflasi. Emas telah terbukti sebagai sarana penyimpanan kekayaan yang tahan baik terhadap inflasi maupun deflasi.

Salah satu bukti nyata ketahanan emas terhadap inflasi dapat kita lihat dari contoh berikut: Pada jaman Rasulullah Muhammad SAW, sekitar 1400 tahun yang lalu, harga satu ekor kambing adalah seharga satu dinar. Satu dinar adalah sepotong emas dengan kadar 22 karat dan mempunyai berat sebesar 4.25 gram. Saat ini, seekor kambing dengan kualitas yang sama masih mempunyai harga yang ekivalen dengan satu dinar.

Dapat kita lihat bahwa nilai emas sama sekali tidak terpengaruh oleh perubahan situasi ekonomi selama lebih dari 14 abad. Bandingkan dengan harga kambing kalau dihitung dalam rupiah. Sepuluh tahun lalu, uang sebesar 300 ribu rupiah bisa membeli seekor kambing yang bagus. Tapi sekarang, kambing yang bagus harus dibeli dengan uang lebih dari satu juta rupiah…Pahaaam?

Buku Karya Rully Kusnandar sangat bagus juga untuk rujukan

CARA MEMANTAU HARGA EMAS SETIAP SAAT

Untuk berinvestasi dalam emas, penting bagi kita untuk dapat mengetahui perkembangan dari harga emas untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Baik untuk keperluan membeli maupun menjual emas.

Kita bisa memantau perkembangan harga emas secara internasional melalui beberapa website setperti www.kitco.com atau www.goldprice.org.  Selain menampilkan harga emas terbaru, kedua website itu juga menampilkan perkembangan harga emas dalam bentuk grafik, mulai dari sebulan, 6 bulan, setahun, 2 tahun, bahkan 10 tahun terakhir.

Dari grafik tersebut, digabungkan dengan pengetahuan kita mengenai hal-hal yang mempengaruhi pergerakan harga emas seperti yang telah dijelaskan dalam bab terdahulu, maka kita bisa memperkirakan bagaimana arah perkembangan harga emas selanjutnya sehingga bisa mengambil keputusan investasi yang lebih baik.

Harga emas di indonesia dapat kita pantau melalui website unit logam mulia PT. Aneka Tambang dengan alamat www.logammulia.com. Melalui website ini kita dapat mengetahui berapa harga dari tiap-tiap satuan emas batangan yang diproduksi oleh PT. Aneka tambang.