Home Filosofi dan Sejarah Umar Usman

Filosofi dan Sejarah Umar Usman

Filosofi dan Sejarah Kampus Umar Usman

Sekolah Bisnis Umar Usman diinisiasi pada tahun 2011 oleh Dompet Dhuafa dan Ippho ‘Right’ Santosa, seorang pakar Otak Kanan, penulis Mega Best Seller. Diberi nama Umar Usman yaitu 2 (dua) orang sahabat Rasulullah SAW yang merupakan Entrepreneur terbaik sepanjang zaman, Khalifah Umar bin Khattab dan Khalifah Usman bi Affan.

Ketika wafat Umar bin Khattab meninggalkan ladang pertanian sekitar 70 ribu bidang di berbagai tempat. Bila di konversi dalam rupiah harga rata-rata ladangnya sekitar 160 juta rupiah. Itu berarti Umar meninggalkan warisan sebanyak 11,2 triliun rupiah. Setiap tahun rata-rata ladang pertaniannya menghasilkan 40 juta rupiah. Berarti Umar mendapatkan penghasilan 2,8 triliun setiap tahun atau 233 miliar sebulan.

Khalifah Ustman bin Affan merupakan bangsawan dan konglomerat Makkah yang dijamin masuk surga oleh Rasulullah SAW karena perjuangan dan ketaqwaannya. Seorang pribadi shalih yang jujur, lembut, dan pemalu.

  • Assetnya bernilai 151.000 dinar plus 1000 dirham
  • Mewariskan property sepanjang ‘Aris dan Khaibar
  • Memiliki beberapa sumur oasis senilai 200.000 dinar atau 240 Miliar IDR

Sekolah Bisnis Umar Usman bertujuan melahirkan para Entrepreneur, orang-orang yang melahirkan usaha baru. Merujuk kepada salah satu hadits Rasulullah Muhammad SAW bahwa 9 dari 10 pintu rezeki adalah melalui perniagaan (perdagangan), mereka yang melahirkan usaha baru.

 

Penelitian McCelland, Harvard University

Menurut penelitian McCelland, Harvard University, sebuah negara akan mencapai tingkat kemakmuran jika minimal 2% jumlah penduduknya entrepreneur. Artinya Indonesia yang jumlah penduduknya lebih dari 230 juta, 5 juta penduduknya harus menjadi entrepreneur. Data Kemenkop dan UKM, entrepreneur baru 1.56% atau sekitar 3,75 juta. Masih sangat jauh jika dibandingkan Amerika Serikat (12%), Singapura (7%), Jepang (10%), dan Malaysia (5%).

Fakta ini memaksa kita, Indonesia, berjuang keras untuk mencetak entrepreneur muda untuk membantu peningkatan kemakmuran negeri ini. Sekolah Bisnis Umar Usman berupaya memberikan sumbangsih besar bagi peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia. Dengan program praktek, pembelajaran, dan pembekalan yang komprehensif diharapkan lulusan Sekolah Bisnis Umar Usman mampu menjadi entrepreneur sukses yang membawa kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya dalam menyokong kemakmuran bangsa Indonesia.

Sekolah Bisnis Umar Usman, memiliki jenjang pendidikan setara D1 dengan fokus studi pada Pemasaran dan Produksi yang diterapkan pada kelas-kelas Konsentrasi seperti Fashion, Kuliner, Jasa, Internet Marketing, Properti, dan lain-lain sesuai dengan potensi para Mahasiswa dan minat serta bakat masing-masing. Metode pengajaran yang diberlakukan lebih menitik beratkan pada praktek, dengan perbandingan 30 :70, yaitu 30 persen teori, 70 persen praktek.

Belajar dari Khalifah Umar Bin Khattab yang memiliki kekayaaan  sebanyak : 

70. 000 Bidang Property


Berupa Ladang di berbagai Tempat

Warisan senilai 11,2 Triliun 


Umar meninggalkan warisan yang di konversi dalam rupiah dari harga rata-rata ladangnya.

Income per bulan : 233 Miliar


 Income per Bulan dari hasil ladang dan Pertanian

Income per Tahun 2,8 Triliun


  Income per Tahun dari hasil ladang dan Pertanian

Kekayaan Usman Bin Affan

Asset Dinar sejumlah 151.000

Atau setara dengan Rp 284.982.300.000 ( Berdasarkan nilai tukar dinar (emas) pada Desember 2014 : 1 Dinar=1.890.000 )

Properti seluas 989 KM Bentangan


Mewariskan Properti sepanjang Aris – Khaibar atau sepanjang 989 KM

20.000 Dinar Asset Sumur Oasis


Atau setara dengan Rp 37.746.000.000 ( berdasarkan nilai tukar dinar (emas) pada Desember 2014 : 1 Dinar=1.890.000 )

Plus Asset 1000 Dirham


 Atau setara dengan Rp 3.384.697,4

Semoga dari Kampus Bisnis Umar Usman ini, lahir para pengusaha-pengusaha seperti Khalifah Umar bin Khattab dan Khalifah Usman Bin Affan, yang bukan hanya sekedar seorang Pengusaha juga seorang Pemimpin yang disegani karena Ilmu, Amal dan Perjuangan untuk Ummat.