Jumlah Pengusaha di Indonesia Masih Sangat Minim

Bagaimana Cara Membangun Jiwa Wirausaha?
March 20, 2013
Sukses Berwirausaha : Bangkit dari Kegagalan
April 2, 2013

Jumlah Pengusaha di Indonesia Masih Sangat Minim

1951646

Bandung – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, saat ini jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai angka 1,58% dari keseluruhan jumlah masyarakat yang ada.
Sedangkan, untuk menjadikan Indonesia masuk sebagai golongan negara maju, dibutuhkan jumlah sekurangnya 4% masyarakat yang memiliki profesi sebagai pengusaha.
“Kita sekarang baru 1,58%. Masih dibutuhkan jutaan pengusaha untuk mencapai sekurangnya 4% jumlah masyarakat yang menjadi pengusaha untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju,” ujar Hatta kepada wartawan saat ditemui di Geulis Hotel, Boutique, & Cafe, Jalan Ir H. Djuanda, Kota Bandung, Minggu (27/1/2013).
Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan mencapai angka 4% jumlah masyarakat berprofesi pengusaha, lanjut Hatta, harus ada pembinaan sejak dini. Sehingga jika sudah ada pembinaan bagi anak muda saat ini, akan membuat mereka kelak menjadi pengusaha yang tangguh.
“Tidak ada negara yang maju tanpa ada sejumlah pengusaha yang tangguh. Maka dari itu kita harus mematangkan pengusaha muda untuk menjadi pengusaha yang tangguh,” tuturnya.
Hatta menjelaskan, saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap bahwa profesi sebagai pengusaha, eksportir, serta importir bukanlah gen asal Melayu. Sehingga membuat masyarakat Indonesia yang merupakan keturunan melayu, kerap ogah menjalani profesi tersebut.
“Harusnya siapapun dia dari manapun asal usulnya, dia bisa menjadi pengusaha. Tidak peduli gen melayu atau bukan. Kita semua bisa menjadi pengusaha yang tangguh,” tandasnya. [ing]

Sumber :
http://m.inilah.com/read/detail/1951646/jumlah-pengusaha-di-indonesia-masih-sangat-minim