Koleksi Buku Yang Perlu Dimiliki Entrepreneur Web

peluang-usaha-bisnis-online
Kiat Sukses Bisnis Online
March 21, 2014
12.5-Tips-Investasi-Properti-1
Rahasia Sukses Investasi Properti
March 26, 2014

Koleksi Buku Yang Perlu Dimiliki Entrepreneur Web

photo_15620_20100426-300x225

Buku adalah jendela dunia bagi siapa pun, tak terkecuali entrepreneur. Berikut adalah sejumlah koleksi buku yang perlu dibaca oleh entrepreneur yang bergerak di bidang web. Daftar ini disarikan dari penjelasan Erica Virtue, Co-founder, Vitogo.com. Semua buku ini dikelompokkan berdasarkan tema-tema utama yang sangat relevan bagi entrepreneur yang akan bergelut dalam dunia startup digital.

Tema Entrepreneurship

“Founders at Work” oleh Jessica Livingston
Buku ini merupakan koleksi wawancara dengan para pendiri perusahaan teknologi terkenal mengenai hal yang terjadi di awal pendirian usaha mereka. Di dalamnya juga dimuat berbagai kisah dari para pendiri seperti Steve Wozniak (Apple), Caterina Fake (Flickr), Mitch Kapor (Lotus), Max Levchin (PayPal), dan Sabeer Bhatia (Hotmail). Buku ini sangat bagus dibaca jika Anda mempertimbangkan mendirikan sebuah startup atau jika Anda sudah memilikinya, dan hendak mendengarkan sejumlah saran dan nasihat serta motivasi dari para entrepreneur yang membuatnya.

“Art of the Start” oleh Guy Kawasaki
Buku ini berfokus pada pembahasan bagaimana memulai semua dan menjalankannya, termasuk usaha baru, acara atau ide apapun. Panduan berguna dan praktis dari Guy Kawasaki ini didasarkan pada pengalamannya selama bekerja di Silicon Valley sebagai pendiri startup, evangelist di Apple, seorang venture capitalist dan seorang penulis.
Ia mendorong para entrepreneur untuk memikirkan makna, membuat mantra, dan memulai. Bagian FAQ membahas berbagai pertanyaan yang orang miliki dalam benak mereka saat memulai usaha.

“Good to Great” oleh Jim Collins
Selama 5 tahun, Jim Collins dan timnya menganalisis 11 perusahaan untuk menguak faktor-faktor penentu kesuksesan mereka, mengapa sebagian perusahaan mampu melompat dari tingkatan “payah” ke tingkatan “luar biasa” sementara yang lain makin tenggelam. Collins menemukan bahwa kuncinya ialah sesuatu yang disebut sebagai “Konsep Landak” (Hedgehog Concept). Ini merupakan suatu produk atau layanan yang menggiring perusahaan agar mampu melejit melampaui semua pesaingnya.

Tema Ide dan Produk/ Market

“The Four Steps to the Epiphany” oleh Steve Blank
Berdasarkan pada kuliah Steve Blank di sekolah bisnis Berkeley, buku ini menerangkan proses pengembangan pelanggan yang melengkapi proses pengembangan produk sebuah startup. Blank memberikan strategi rinci mengenai cara mengatur penjualan, marketing dan pengembangan bisnis untuk sebuah perusahaan atau produk baru.

“The Lean Startup” oleh Eric Ries
Dalam buku ini, penulis menggambarkan metodologi “Lean Startup” yang mengemukakan penciptaan purwarupa yang cepat yang didesain untuk menguji asumsi pasar dan menggunakan masukan dari konsumen untuk mengembangkannya dengan lebih cepat daripada menggunakan praktik pengembangan produk tradisional. Ries diilhami oleh proses manufaktur yang efisien, yang berfokus pada penyingkiran tugas atau investasi apapun yang tidak menghasilkan manfaat bagi konsumen. Ide pokoknya ialah mengurangi ‘buangan’, belajar dengan cepat, membuat keputusan yang didasarkan pada data, fokus pada manfaat bagi konsumen, dan beralih ke yang lain saat diperlukan.

“Made to Stick” oleh Chip dan Dan Heath
Buku “Made to Stick” menjelaskan mengapa sebagian ide berkembang dan yang lain tidak. Heath bersaudara ini menuliskan hal yang membuat sebuah ide melekat dan bagaimana Anda dapat membuat startup Anda lebih baik dengan menggunakan “prinsip skala manusia”, Velcro Theory of Memory dan menciptakan “jurang keingintahuan”.

Tema Customer Service

“Delivering Happiness” oleh Tony Hsieh
Dalam buku ini, CEO Zappos Tony Hsieh menjelaskan riwayat karirnya sebagai entrepreneur dan berbagi berbagai pengalaman mengenai cara mendirikan bisnis ritel online yang sukses dengan memfokuskan diri pada layanan konsumen yang sangat dijaga baik dan budaya perusahaan yang prima.
“Saya ingin menulis sebuah buku untuk membahas perjalanan yang saya tempuh dalam kehidupan ini sehubungan dengan hal yang akan membawa kebahagiaan jangka panjang bagi diri saya dan hal yang secara tak sengaja saya temukan ialah bahwa Anda sebenarnya bisa mengambil konsep dari kebahagiaan dan menerapkannya ke dalam konteks bisnis,” kata Hsieh.

“The Thank You Economy” oleh Gary Vaynerchuk
Dalam buku ini, entrepreneur multitalenta Gary Vaynerchuk berbagi nasihat bagaimana perusahaan apapun bisa memberikan perhatian yang personal dan terfokus pada setiap pelanggan seperti yang dilakukan banyak perusahaan masa lalu dengan menggunakanplatform jejaring sosial yang sama yang akan membawa brand melambung.
Menurut Vaynerchuck, jejaring sosial bukan sebuah cara baru untuk melakukan bisnis tetapi sebuah alat untuk e mnungkinkan kita kembali kepada saat perusahaan hidup dan mati karena yang dikatakan oleh konsumen mereka dan oleh pengaruh orang satu sama lain. Itu berarti setiap orang yang bersinggungan dengan bisnis kita harus merasa diperlakukan dengan layak.
Buku ini menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan para konsumen secara apa adanya dan tulus di jejaring sosial bisa menciptakan kesetiaan terhadap brand yang dimiliki sebuah perusahaan dan termasuk berbagai contoh terkini dan detil seperti Zagat dan Yelp.

Tema Venture Capital

“Venture Deals” oleh Brad Feld dan Jason Mendelson
Terinspirasi oleh serangkaian artikel blog yang ditulis direktur pengelolaan Foundry Group, Venture Deals menyingkirkan mitos proses pendanaan VC. Ini buku yang patut dibaca oleh entrepreneur yang ingin mencapai kemajuan melalui berbagai tahapan pengumpulan dana dan buku ini dapat membantu Anda menghindari sejumlah kesalahan entrepreneur baru.
Di sini, Anda akan menemukan pembahasan yang teratur mengenai mekanisme Term Sheet, bagaimana valuasi dilakukan, dan bahkan ada penjelasan mengenai contoh-contoh dokumen baku yang digunakan dalam transaksi VC. Buku yang perlu dimiliki oleh Anda yang sedang ingin mendapatkan pendanaan dari VC.

“Mastering the VC Game” oleh Jeffrey Bussgang
Jeffrey Bussgang memberikan berbagai pandangan tingkat tinggi, berbagai kisah inspiratif, dan nasihat praktis yang dikumpulkan dari pengalamannya dan dari sejumlah wawancara dengan beberapa entrepreneur sukses dan venture capitalists, termasuk pendiri Twitter Jack Dorsey dan pendiri LinkedIn Reid Hoffman. Ia menunjukkan bagaimana seorang entrepreneur bisa dikenal, memberikan presentasi yang persuasif dan efektif, dan berunding mengenai kemitraan yang akan menguntungkan kedua belah pihak.
Anda akan menemukan sebuah buku yang bagus untuk mengenal dunia VC dan ulasan umum mengenai cara kerja VC dan hal-hal yang bisa diharapkan dari VC.

“Dont Make Me Think!” oleh Steve Krug
Dont Make Me Think! secara ringkas menjelaskan semua hal yang entrepreneur perlu ketahui saat inginmmemulai berbisnis dengan kegunaan web. Dalam buku ini, pakar kegunaan Steve Krug membahas bagaimana mendesain halaman-halaman web untuk dipindai, tidak membaca dan bagaimana menulis untuk web. “Saat saya menulis buku ini, niat saya adalah membantu prang utnuk belajar berpikir seperti pakar: menanyakan pertanyaan yang sama yang ada dalam benak saya saat saya mengulas kegunaan.”

“Above the Fold” oleh Brian Miller
Above the fold ialah konsep desain yang mengacu pada lokasi kisah berita penting atau foto yang secara visual menarik di separuh halaman muka atas surat kabar (atau untuk halaman web, bagian halaman yang tampak jelas tanpa scrolling). Anda akan menemukan poin-poin penting komunikasi grafis efektif dalam desain web. Ada 3 bagian dalam buku ini yang berfokus apda desain situs, perencanaan dan kegunaan, dan SEO dan masalah marketing lainnya. Anda akan banyak belajar mengenai aspek-aspek penting web design di sini.

“ReWork” oleh 37 Signals
Buku ini pada dasarnya blog “Signal vs. Noise” yang banyak membicarakan mengenai desain dan kegunaan dalam format buku. Penulis berbagi filosofi penting dalam keberhasilannya dan mendorong Anda untuk memikirkan kembali semua hal yang Anda pikir Anda sudah ketahui mengenai strategi, konsumen dan lain-lain.

Tema Marketing

“Purple Cow” oleh Seth Godin
Bergantung pada siapa yang Anda ajak bicara, mungkin akan ada lebih dari 7 ” dalam marketing, misalnya penentuan harga, produk, promosi, publisitas, pengemasan, penempatan, proses, bukti fisik, dan sumber daya manusia. Menurut Seth Godin, para pekerja marketing mengabaikan P yang paling penting” Purple Cow alias sapi ungu.
Sapi menurutnya adalah hewan yang membosankan namun sapi ungu ialah semua hal yang fenomenal, konterintuitif, menyenangkan atau luar biasa. Setiap hari, konsumen mengabaikan banyak sapi biasa namun Anda bisa bertaruh mereka tidak akan mengabaikan sapi ungu.

“Crossing the Chasm” oleh Geoffrey Moore
Geoffrey Moore berpendapat bahwa produk-produk berteknologitinggi membutuhkan strategi marketing yang bagus yang berbeda dari strategi yang dipakai di industri lainnya. Para pengadopsi awal sebuah teknologi tidak selalu serupa dengan pasar mainstream yang menjelaskan mengapa sebagian produk berteknologi tinggi memiliki penjualan awal yang tinggi.

Tema Biografi

“Steve Jobs” oleh Walter Isaacson
Buku ini mencakup berbagai fase mengenai kehidupan Steve Jobs, dari adopsinya, masa kuliah, Apple, NeXt, Pixar dan kemudian Apple. Buku ini sangat komprehensif dan objektif. Walter Isaacson tidak menutup-nutupi fakta mengenai kepribadian Jobs dan hal-hal aneh dalam diri sang entrepreneur tersebut. Buku ini tebal namun sangat patut dibaca dari halaman ke halaman.

Buku-buku lain yang tidak kalah inspiratif dan memberikan banyak pengetahuan dan wawasan bagi entrepreneur seperti Anda ialah:

The 4-Hour Workweek – Tim Ferriss
Crush It! Gary Vaynerchuck
Do More Faster Brad Feld dan David Cohen
Getting Real 37 Signals
Built to Last Jim Collins
The Accidental Billionaires – Ben Mezrich
Where Good Ideas Come From Steven Johnson

(Quora/*Akhlis)