Pemprov Jabar Cetak Pengusaha Muda Lewat Kurikulum Berbasis Wirausaha

kuliner
2 Resep Agar Bisnis Kuliner Maju
May 21, 2013
dahlan
Dahlan Dorong Perwira TNI Jadi Entrepreneur
May 28, 2013

Pemprov Jabar Cetak Pengusaha Muda Lewat Kurikulum Berbasis Wirausaha

kurikulum

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerapkan kurikulum muatan lokal pembelajaran kewirausahaan guna mendukung program pencetakan 100.000 wirausaha baru.

“Kurikulum baru ini mulai kita terapkan tahun 2013 di seluruh sekolah di Jabar,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jabar Anton Gustoni, Kamis (4/4/2013).

Menurutnya, jumlah wirausahawan muda di Jabar saat ini masih minim, yakni hanya sekitar 0,8% dari total penduduk berusia muda yang ada.

“Persentase ideal yang coba kami capai adalah empat persen,” katanya.

Menurutnya, program 100.000 wirausaha baru akan dimulai dengan anggaran 2014 dan berakhir hingga 2019.

Dia berpendapat, salah satu faktor penyebab rendahnya jumlah wirausaha muda itu diperkirakan akibat keinginan generasi muda untuk terjun berbisnis masih sangat rendah.

Mayoritas generasi muda tersebut masih berorientasi menjadi pegawai saat lulus sekolah kelak.

Untuk itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan telah memerintahkan Dinas Pendidikan setempat agar mengaitkan sikap dan prilaku siswa menuju ke wirausaha melalui sejumlah mata pelajaran.

“Penerapannya ada pada mata pelajaran yang berkaitan langsung dengan wirausaha,” katanya.

Kebijakan tersebut diharapkan dapat membentuk karakter generasi mudah yang inovatif, kreatif, mandiri, dan berjiwa usaha.

“Jika karakter yang diharapkan telah terbentuk, upaya lanjutannya ialah membentuk mereka sebagai wirausaha melalui pemberian pelatihan yang didominasi praktik,” pungkasnya. (Ant)

Sumber : http://wartaekonomi.co.id/berita8901/pemprov-jabar-cetak-pengusaha-muda-lewat-kurikulum-berbasis-wirausaha.html