Peran Pengusaha Dalam Perekonomian

March 7, 2013 | By | Reply More

Melihat kasus yang telah terjadi di Indonesia bahwa perkembangan perekonomian belum menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan. Hal ini tentu didasari bahwa berbagai sektor usaha di Indonesia belum mampu untuk memberikan nilai tambah yang besar. Ditambah lagi setiap daerah memiliki karakter dan kultur budaya yang sangat berbeda dan hal ini sangat berpengaruh pada bagaimana reaksi dan perilaku dari masyarakat dalam menghadapi iklim dunia usaha.

Dalam perkembangan suatu negara tentu memiliki sejarah bangsa yang menunjukkan bagaimana budaya dan kekuatan bangsa tersebut. namun sejarah bangsa tidak menentukan bagaimana perkembangan dari suatu negara, ambil contoh Mesir, India mempunyai sejarah yang sangat panjang namun belum mampu bangkit, namun negara seperti Singapura, Malaysia dengan sejarah bangsa yang pendek mampu bangkit dan menjadi salah satu pionir di Asia. Sejarah memang dibutuhkan dan merupakan spirit bangsa, namun sejarah hanyalah masa lalu yang terpenting adalah masa depan karena disitulah negara akan hidup.

         Tolak ukur kemajuan suatu bangsa yaitu dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonominya, dimana suatu negara yang memiliki perekonomian yang kuat dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat maka negara tersebut akan semakin kuat dan diperhitungkan dalam persaingan global.

Di dunia ini untuk menentukan besarnya perekonomian suatu negara dapat dilihat dari tiga hal yaitu tingkat bahan bakar minyak, komoditi/manifacture, dan mineral. Dan tidak ada salah satu negara pun di dunia ini yang memilikinya kecuali Indonesia. Yang pertama bahan bakar yaitu minyak, dimana hampir selalu harganya naik sehingga negara yang memiliki kekayaan ini akan semakin kaya. Kedua yaitu komoditi apa yang di negara tersebut dan bagaimana perkembangan manufacture-nya yaitu kekayaan alam di negara tersebut seperti hasil pertanian, perkebunan, laut. Yang ketiga yaitu mineral yaitu hasil tambang seperti baja, timah, aluminium, yang harganya selalu menaik. Salah satu negara yang mampu memaksimalkannya yaitu Amerika dimana negara tersebut kuat dalam manifacture dan bahan bakar.

          Bangsa Indonesia harus mampu untuk menumbuhkan spirit dalam mengembangkan negara ini, dan salah satunya yaitu dari peran serta pengusaha. Jika dunia usaha semakin meningkat maka akan menumbuhkan usaha-usaha yang baru yang nantinya dapat menampung lebih banyak lagi jumlah tenaga kerja. Namun salah satu yang menjadi kendala dewasa ini adalah kurangnya dukungan dari sektor perbankan dalam memberikan kucuran kredit. Pihak perbankan cenderung terlalu berhati-hati akan adanya resiko pengembalian. Alasan lain yaitu sektor perbankan lebih memilih bermain di pasar saham dengan membeli obligasi. Adanya keterbukaan dan dukungan dari perbankan sangat penting dan diharapkan untuk menjadi kemajuan dalam dunia usaha. Yang kedua yaitu sistem birokrasi di Indonesia harus dibenahi khususnya dalam pengurusan masalah perizinan dalam melakukan investasi. Karena setahu penulis bahwa untuk membuka perizinan di Indonesia harus memakan waktu yang sangat lama sampai hampir 3 bulan lamanya.

Sebenarnya di Indonesia banyak para pengusaha dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, namun kenyataannya pengusaha tersebut kurang mampu untuk menunjukkan kekuatannya dalam melakukan usaha. Dan banyaknya pengusaha yang beralih profesi. Ada guyonan yang mengatakan bahwa jika pada zaman dulu para pejabat setelah pensiun akan menjadi pengusaha, maka sekarang malah sebaliknya para pengusaha setelah pensiun akan menjadi pejabat. Guyonan ini tentu memberikan gambaran bahwa dunia semakin berubah dan mengikuti adanya arah yang memberikan kenyamanan bagi pihak individu yaitu pengusaha.

Sumber:

http://romand3.wordpress.com/2007/07/30/peran-pengusaha-dalam-perekonomian

Tags: ,

Category: Berita

About the Author ()

http://lukman.my.id