Home Ruang Bisnis Segeralah Beradaptasi dalam Bisnis atau Musnah

Segeralah Beradaptasi dalam Bisnis atau Musnah

56
0
SHARE

Dunia teknologi – Informasi dan Komunikasi – tidak mengenal hukum berjalan mundur. Tidak ada dalam sejarah, teknologi itu mengalami kemunduran bila dibanding dengan teknologi sebelumnya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) senantiasa berkembang, bahkan pada taraf tertentu, perkembangannya tidak lagi cepat, tetapi SUPER CEPAT. Perubahan yang super cepat ini tak jarang membuat masyarakat cukup kewalahan mengikutinya.

Sebagai pebisnis, dan sekaligus pelaku industri harus memiliki kelincahan dan kecepatan dalam beradaptasi, kalau tidak, maka akan tergerus bahkan terjungkal dan musnah.

Mengapa? Karena setiap detik terus bermunculan pebisnis-pebisnis baru yang mengandalkan kreatifitas dan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memenangkan pasar.

Lahir dari kreatifitas munculah portal-portal yang menyediakan layanan jasa penyediaan hotel tanpa punya hotel, penyedia kamar-kamar tanpa memiliki kamar, hanya butuh sekian waktu mereka mampu menggeser dominasi para raksasa pebisnis hotel.

Dalam perkembangan dunia Revolusi Bisnis, yang diawali dengan era Pertanian, kemudian Era Industri, dan dilanjutkan dengan Era Profesionalisme, kini sudah masuk dalam Era Revolusi Kreatifitas. Dimana kreatifitas dan Inovasilah yang bakal memenangkan pertarungan dan menguasai pasar.

Kita lihat sejenak, berapa lama para Pebisnis hotel dapat menjadi terkenal? Berapa banyak hotel-hotel mereka bertebaran dimana-mana? dan butuh berapa lama mereka membangun raksasa bisnisnya?

Lahir dari kreatifitas munculah portal-portal yang menyediakan layanan jasa penyediaan hotel tanpa punya hotel, penyedia kamar-kamar tanpa memiliki kamar, hanya butuh sekian waktu mereka mampu menggeser dominasi para raksasa pebisnis hotel.

Tahun 2016 lalu, saat penulis mengunjungi Pulau Bali, hunian hotel nampak sepi dan banyak hotel yang mau dijual. Perbincangan sejenak dengan para pemilik hotel cukup memberikan jawaban, mereka mengatakan, “Sekarang banyak para pemukim yang menyewakan rumahnya dan bahkan kamar-kamarnya untuk para turis”.

Dari mana mereka mendapatkan konsumen? Jawabannya adalah mereka menggunakan portal-portal sharing Hotel dan penginapan seperti Airbnb dan sejenisnya…

Inilah fakta saat ini, bahwa kreatifitas dan Inovasilah yang akan menguasai pasar..

Saatnya anda beradaptasi dengan perkembangan….jangan sampai musnah seperti Dinosaurus karena tidak bisa bertahan dengan perubahan alam dan jaman. (iz/creativertisa)

Sekian…
Share agar lebih bermanfaat!!

Kampus Umar Usman
Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha