[ SERI CINTA DAN PENGUSAHA ] Mereguk Manisnya Kesuksesan dari Segelas Cendol

ippho_santosa_ingin_sukses_sukseskan_orang_lain
Biografi Ippho Santosa – Motivator Indonesia, Motivator Terbaik, Motivator Terkenal
September 30, 2016
Suntikan Inspirasi dari Aspiring Young Entreprenur
October 6, 2016

[ SERI CINTA DAN PENGUSAHA ] Mereguk Manisnya Kesuksesan dari Segelas Cendol

_mg_1726

[ SERI CINTA DAN PENGUSAHA ] Mereguk Manisnya Kesuksesan dari Segelas Cendol

Oleh Devi Irma Safitri

Senin pagi itu, tepatnya pada tanggal 19 September, seperti biasa, di Kampus Umar Usman dilaksanakan kegiatan matrikulasi untuk mahasiswa angkatan keempat. Setelah para mahasiswa melakukan morning briefing harian, kelas diisi oleh pemateri super dan menginspirasi. Namanya Mas Danu Sofwan. Wajahnya boleh tampan, tapi tingkah beliau sungguh lucu dan mengundang gelak tawa. Kelas pagi hingga menjelang Dhuhur pun tak terasa membosankan. Siapakah Mas Danu Sofwan?

_mg_1701

Beliau adalah owner dari franchise minuman tradisional kekinian, Radja Cendol. Beliau memberikan materi menarik seputar perjalanan beliau dalam membangun bisnis franchise cendol. Tidak hanya berkisah tentang perjalanan beliau dalam membangun bisnis Radja Cendol, beliau juga memberikan beberapa teori seputar ilmu entrepreneurship, seperti teori 5P dalam membangun bisnis, yakni Product, People, Place, Promotion dan Price. Melalui pemaparan beliau, para mahasiswa juga mempelajari studi kasus bagaimana brand-brang raksasa seperti Starbucks melakukan promosi produknya. Mahasiswa juga mempelajari tentang pentingnya diferensiasi dalam produk yang kita buat, yakni memberikan sentuhan berbeda dari produk-produk kompetitor kita. Selain diferensiasi, unique selling point juga jadi point penting dalam memasarkan produk. Seperti halnya yang Mas Danu lakukan pada produknya, Radja Cendol. Radja Cendol tidak hanya menjadi pelopor produk minuman cendol kekinian, melainkan juga menjadi brand dengan nama-nama menu yang unik, sehingga meninggalkan kesan menggelitik di benak konsumen. Sebut saja Alpundol alias perpaduan Alpukat dan cendol, Si Bondol ‘si bulat oreo cendol’, Kejendul ‘keju encendol’, dan salah satu yang sangat lucu: si Pesek bukan Begal alias pisang milkshake dikasih taburan biskuit regal. Tidak hanya keunikan nama saja, tetapi juga tampilan produk yang dipotret secara bagus dan menawan membuat siapapun yang melihat produk Randol di menu menjadi tergiur.

Keunikan produk Radja Cendol pun menuai perhatian khalayak publik. Hingga kini Radja Cendol telah memiliki lebih dari 700 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Segudang prestasi yang dimiliki Radja Cendol, salah satunya tentunya merupakan buah kerja keras dari sang Owner yang memiliki value disiplin dan pantang menyerah, serta mau untuk terus belajar. “Kita hari ini adalah akumulasi apa yang kita lakukan hari-hari sebelumnya. Maka lakukan yang terbaik”, pesan Mas Danu Sofwan dengan penuh semangat kepada mahasiswa Umar Usman.