Siti Khadijah, Business Woman Paling Terkenal di Dunia

ide-bisnis-modal-kecil
Tips Berbisnis Modal Kecil
April 11, 2013
10-Jurus-Terlarang-500x500
Resensi Buku : 10 Jurus Terlarang!!!
April 16, 2013

Siti Khadijah, Business Woman Paling Terkenal di Dunia

teladan-siti-khadijah-menjadi-inspirasi-wanita-modern

Siapa tak mengenal Siti Khadijah? Istri pertama Rasulullah SAW ini memang termasuk salah satu wanita terbaik yang pernah hidup di bumi. Sejak kecil ia telah lahir dan dididik oleh keluarga terhormat, serta mulia. Hal itu membuat dirinya tumbuh menjadi pribadi cerdas, suci, teguh, juga berperangai luhur. Sungguh merupakan suri teladan sempurna bagi seluruh perempuan di dunia. Satu hal menarik yang sering menjadi sorotan dari sosok wanita solehah ini, yaitu kenyataan bahwa ia adalah seorang business woman sukses pertama di Arab pada masa itu dengan kekayaan melimpah ruah, serta perniagaan di mana-mana. Atas keberhasilannya ini, ia pun dijuluki “Ratu Quraisy” juga “Ratu Mekkah”. Dapat dikatakan Siti Khodijah merupakan wanita karir nan sibuk dan kreatif, sebab mampu menjalankan usahanya yang sangat banyak, namun tetap dalam kejujuran. Maka dari itu perempuan yang pertama masuk Islam ini dijuluki pula “at-Thahirah” berarti ‘bersih suci’.

Pada dasarnya Siti Khodijah memamng hidup bersama orang tuanya yang kaya raya, namun hal itu tak lantas membuatnya menjadi perempuan manja. Setelah ayahnya Khuwalid, meninggal dunia ia menjadi pewaris utama harta tersebut, dan segera bergegas mengambil alih bisnis keluarganya tersebut. Ia sangat menyadari, dalam kondisi semacam ini akan ada banyak orang yang ingin memanfaatkan harta tersebut untuk hidup malas, serta berfoya-foya. Oleh sebab itu, Khodijah berusaha agar harta itu dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Kekayaan Siti Khodijah semakin bertambah tatkala kedua suaminya sebelum Rasulullah SAW, meninggalkan harta dan usaha yang tak terhitung banyaknya. Maka tak heran bila wanita yang dijamin masuk surga ini amat disegani saat itu. Setelah menikah denga Rasulullah SAW, Siti Khodijah masih menjadi pengusaha, namun hebatnya tak sedikit pun ia melalaikan kewajiban sebagai seorang istri ataupun ibu. Itulah alasan mengapa keempat anaknya tunbuh menjadi wanita-wanita luar biasa yang tercatat dalam sejarah, sebut saja Zainab, Ruqayah, Ummi Kulsum, dan Fatimah Az-Zahra.

Siti Khodijah merupakan perempuan paling dikenal yang memberikan seluruh hartanya untuk Islam, juga demi dakwah Rasulullah SAW. Bagi wanita tangguh ini, seluruh harta miliknya tak berarti apapun bila dibandingkan dengan dakwah Islam. Tak sedikit pun ia mengeluh kepada Rasulullah SAW, justru ia lah yang paling mendukung Rasulullah dalam mentebarkan Islam.

“Berbicara Woman Business forum, penguasaha perempuan lebih awal mendukung Islam daripada pengusaha laki-laki. Hal ini dicontohkan Siti Khodijah, dia pengusaha perempuan yang mendukung Islam pertama kali. Sebelumnya, tidak ada laki-laki yang mendukung,” ujar Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) dalam pembukaan diskusi bertema Young Leader Forum dan Business Woman Forum sebagai bagian acara World Islam Economic Forum.
Begitulah sosok Siti Khodijah, business woman paling terkenal di dunia dari masa ke masa. Kekayaan dan jabatan tinggi, tidak membuat menjadi wanita sombong atau ambisius. Ia tetap dalam kesederhanaan, kemuliaan, kepatuhan pada suami, juga taat pada Allah. Harta yang ia kelola, tak sekedar digunakan untuk bermeawah-mewahan, melainkan sebagai dakwah. Perempuan tangguh seperti inilah yang paling pantas kita jadikan contoh, baik kemarin, besok, atau pun hari ini.